Computer Programming

It is FUN Programming ^_^

Prototyping

Sebuah prototipe adalah jenis asli, bentuk, atau contoh dari sesuatu yang berfungsi sebagai contoh, dasar, atau standar untuk hal-hal lain dari kategori yang sama. Kata ini berasal dari bahasa Yunani πρωτότυπον (prototypon), “pola dasar, asli”, netral dari πρωτότυπος (prototypos), “asli, primitif”, dari πρώτος (protos), “pertama” + τύπος (kesalahan ketik), “kesan”.

Semantik

Dalam semantik, prototip atau contoh proto menggabungkan atribut yang paling representatif dari suatu kategori. Prototipe adalah contoh khas kategori yang berfungsi sebagai tolok ukur terhadap yang di sekitarnya, kurang representatif contoh yang dikategorikan (lihat Prototype Theory).

Desain dan pemodelan

Dalam banyak bidang, ada ketidakpastian besar apakah desain baru akan benar-benar melakukan apa yang diinginkan. Desain baru sering memiliki masalah yang tak terduga. Sebuah prototipe sering digunakan sebagai bagian dari proses desain produk untuk memungkinkan para insinyur dan perancang kemampuan untuk mengeksplorasi alternatif-alternatif desain, tes teori dan kinerja mengkonfirmasi sebelum memulai produksi sebuah produk baru. Insinyur menggunakan pengalaman mereka untuk menyesuaikan prototipe sesuai dengan yang tidak diketahui spesifik masih hadir dalam desain yang diinginkan. Sebagai contoh, beberapa prototipe digunakan untuk mengkonfirmasi dan memverifikasi minat konsumen dalam desain yang diusulkan sedangkan prototipe lainnya akan berusaha untuk memverifikasi kinerja atau kesesuaian pendekatan desain tertentu.

Secara umum, serangkaian berulang-ulang prototipe akan dirancang, dibangun dan diuji sebagai desain akhir muncul dan siap untuk produksi. Dengan pengecualian langka, beberapa iterasi dari prototipe yang digunakan untuk semakin menyempurnakan desain. Strategi umum adalah untuk merancang, menguji, mengevaluasi dan kemudian memodifikasi desain berdasarkan analisis prototipe.

Dalam banyak produk ini, sudah lazim menetapkan pengulangan prototipe huruf Yunani. Sebagai contoh, sebuah prototipe iterasi pertama dapat disebut sebagai “Alpha” prototipe. Sering kali iterasi ini tidak diharapkan untuk melakukan sebagaimana dimaksud dan sejumlah kegagalan atau masalah yang diantisipasi. Iterasi prototyping berikutnya (Beta, Gamma, dll) akan diharapkan untuk menyelesaikan masalah dan melakukan lebih dekat dengan maksud produksi akhir.

Dalam banyak organisasi pengembangan produk, prototipe spesialis dipekerjakan – individu dengan keterampilan khusus dan pelatihan dalam teknik fabrikasi umum yang dapat membantu menjembatani antara teori desain dan fabrikasi prototipe.

Dasar Prototype Kategori

Tidak ada kesepakatan umum tentang apa yang disebut sebagai “prototipe” dan kata tersebut sering digunakan bergantian dengan kata “model” yang dapat menyebabkan kebingungan. Secara umum, “prototipe” jatuh ke dalam empat kategori dasar:

Bukti-of-Prinsip Prototype (Model) (juga disebut papan tempat memotong roti). Jenis prototipe digunakan untuk menguji beberapa aspek desain yang dimaksud tanpa mencoba mensimulasikan persis tampilan visual, pilihan bahan atau dimaksudkan proses manufaktur. Prototipe seperti itu dapat digunakan untuk “membuktikan” keluar pendekatan desain yang potensial seperti berbagai gerakan, mekanik, sensor, arsitektur, dll model jenis ini sering digunakan untuk mengidentifikasi pilihan desain tidak akan bekerja, atau di mana pengembangan dan pengujian lebih lanjut diperlukan.

Studi bentuk Prototype (Model). Jenis prototipe ini akan memungkinkan desainer untuk mengeksplorasi ukuran dasar, tampilan dan nuansa dari suatu produk tanpa simulasi fungsi aktual atau sama persis tampilan visual dari produk. Mereka dapat membantu menilai faktor-faktor ergonomis dan memberikan wawasan tentang aspek-aspek visual dari bentuk akhir produk. Formulir Studi Prototip sering diukir dengan tangan atau dengan mesin model dari mudah diukir, bahan murah (misalnya, urethane busa), tanpa mewakili warna yang dimaksud, selesaikan, atau tekstur. Karena bahan yang digunakan, model ini dimaksudkan untuk pengambilan keputusan internal dan biasanya tidak tahan lama cukup atau cocok untuk digunakan oleh perwakilan pengguna atau konsumen.

Visual Prototype (Model) akan menangkap yang dimaksud mensimulasikan desain estetika dan penampilan, warna dan tekstur permukaan produk yang dimaksud, namun tidak akan benar-benar mewujudkan fungsi (s) dari produk akhir. Model ini akan cocok untuk digunakan dalam riset pasar, eksekutif tinjauan dan persetujuan, kemasan mock-up, dan foto tunas untuk literatur penjualan.

Fungsional Prototype (Model) (juga disebut bekerja prototipe) akan, dengan semaksimal praktis, berusaha untuk mensimulasikan rancangan akhir, estetika, bahan dan fungsionalitas dari desain yang dimaksud. Prototipe fungsional dapat dikurangi dalam ukuran (skala bawah) dalam rangka untuk mengurangi biaya. Pembangunan bekerja sepenuhnya prototipe skala penuh dan ujian akhir konsep, adalah insinyur pemeriksaan terakhir cacat desain dan memungkinkan perbaikan menit-menit terakhir harus dilakukan sebelum produksi yang lebih besar berjalan diperintahkan.

Perbedaan antara prototipe dan desain produksi

Secara umum, prototipe akan berbeda dari produksi akhir mendasar varian dalam tiga cara:

Prototipe sering dibangun melalui non-produksi bahan niat. Bahan produksi mungkin memerlukan proses manufaktur yang melibatkan biaya modal lebih tinggi daripada apa yang praktis untuk prototyping. Sebaliknya, insinyur dari prototipe spesialis akan berusaha untuk mengganti bahan-bahan dengan sifat-sifat yang mensimulasikan materi akhir yang dimaksud.

Prototipe umumnya dibangun melalui tujuan non-produksi proses manufaktur. Sering mahal dan memakan waktu tooling unik diperlukan untuk mengarang desain kustom. Prototipe akan sering kompromi dengan menggunakan proses yang lebih fleksibel.

Prototipe umumnya dibangun dari desain yang telah dikembangkan ke tingkat yang lebih rendah daripada produksi kesetiaan niat. Desain produksi akhir sering memerlukan upaya luas untuk menangkap detail manufaktur volume tinggi. Rincian seperti umumnya tidak beralasan untuk prototipe sebagai beberapa penyempurnaan dengan desain yang kita harapkan. Sering prototipe dibangun dengan menggunakan teknik detail sangat terbatas dibandingkan dengan produksi akhir maksud.

Karakteristik dan Keterbatasan Prototip

Insinyur dan spesialis prototipe berusaha untuk memahami keterbatasan prototipe untuk mensimulasikan persis karakteristik desain yang dimaksudkan mereka. Sebuah tingkat keahlian dan pengalaman yang diperlukan untuk secara efektif menggunakan prototyping sebagai alat verifikasi desain.

Adalah penting untuk menyadari bahwa dengan mereka definisi, prototipe akan mewakili beberapa kompromi dari desain produksi akhir. Disebabkan oleh perbedaan pada material, proses dan desain kesetiaan, adalah mungkin bahwa sebuah prototipe mungkin gagal untuk melakukan bisa diterima sedangkan desain produksi mungkin suara. Sebuah ide counter-intuitif adalah bahwa prototip mungkin sebenarnya bisa diterima sedangkan melakukan desain produksi mungkin cacat karena bahan dan proses prototyping mungkin kadang-kadang mengalahkan rekan-rekan produksi mereka.

Secara umum, dapat diharapkan bahwa prototipe individu biaya akan jauh lebih besar dari biaya produksi terakhir akibat inefisiensi di material dan proses. Prototipe juga digunakan untuk merevisi desain untuk tujuan mengurangi biaya melalui pengoptimalan dan perbaikan.

Hal ini memungkinkan untuk menggunakan pengujian prototipe untuk mengurangi risiko bahwa desain mungkin tidak berfungsi bisa diterima, namun umumnya prototipe tidak bisa menghilangkan semua risiko. Ada pragmatis dan praktis keterbatasan kemampuan prototipe dimaksudkan agar sesuai dengan kinerja akhir produk dan beberapa tunjangan dan teknik penilaian sering diharuskan sebelum bergerak maju dengan desain produksi.

Membangun rancangan lengkap sering mahal dan dapat memakan waktu, terutama ketika diulang beberapa kali – desain bangunan yang lengkap, mencari tahu apa permasalahan dan bagaimana untuk menyelesaikannya, kemudian membangun rancangan lengkap lagi. Sebagai alternatif, “cepat-prototipe” atau “pengembangan aplikasi cepat” teknik yang digunakan untuk prototipe awal, yang mengimplementasikan bagian, tapi tidak semua, dari desain yang lengkap. Hal ini memungkinkan para desainer dan pabrik untuk secara cepat dan murah menguji bagian-bagian desain yang paling mungkin mengalami masalah, memecahkan masalah-masalah itu, dan kemudian membangun rancangan lengkap.

Kontra-intuitif ini ide-bahwa cara tercepat untuk membangun sesuatu adalah, pertama untuk membangun sesuatu yang lain-dibagi oleh perancah dan aturan teleskop.

Tren modern

Dengan kemajuan terbaru dalam pemodelan komputer ini menjadi praktis untuk menghilangkan penciptaan prototipe fisik (kecuali mungkin pada skala sangat dikurangi untuk tujuan promosi), bukan model semua aspek produk akhir sebagai model komputer. Contoh perkembangan seperti dapat dilihat pada Boeing 787 Dreamliner, di mana ukuran penuh pertama realisasi fisik dibuat pada seri produksi. Model komputer sekarang sedang banyak digunakan dalam desain otomotif, baik untuk bentuk (dalam gaya dan aerodinamis dari kendaraan) dan fungsi – terutama untuk memperbaiki kendaraan crashworthiness dan dalam penurunan berat badan untuk meningkatkan jarak tempuh.

Mekanik dan teknik listrik
Sebuah prototipe dari perekonomian Polandia mobil hatchback Beskid 106 dirancang pada 1980-an
Artikel utama: cepat prototyping

Penggunaan yang paling umum dari kata prototipe yang berfungsi, walaupun eksperimental, versi militer non-mesin (misalnya, mobil, peralatan rumah tangga, elektronik) desainer yang mau dibangun oleh sarana produksi massal, sebagai lawan dari mockup , yang merupakan representasi inert mesin penampilan, sering terbuat dari bahan non-tahan lama.

Perancang elektronik sering membangun prototipe pertama dari papan tempat memotong roti atau papan strip atau perfboard, biasanya menggunakan “DIP” paket. Namun, lebih dan lebih sering fungsional prototipe yang pertama dibangun di atas sebuah “prototipe PCB” hampir identik dengan produksi PCB, sebagai manufaktur PCB harga turun dan karena banyak komponen yang tidak tersedia dalam DIP paket, tetapi hanya tersedia dalam paket TPS dioptimalkan untuk menempatkan pada sebuah PCB.

Pembangun mesin militer dan penerbangan lebih suka istilah “eksperimental” dan “pelayanan test”.

Electronics prototyping

Dalam elektronika, prototipe berarti membangun sirkuit yang sebenarnya untuk desain teoretis untuk memverifikasi bahwa itu bekerja, dan untuk menyediakan platform untuk debug fisik jika tidak. Prototipe sering dibangun dengan menggunakan teknik seperti kawat bungkus atau menggunakan veroboard atau papan tempat memotong roti, yang menghasilkan listrik rangkaian benar, tapi satu yang tidak secara fisik identik dengan produk akhir.

Sebuah alat yang berguna untuk dokumen elektronik prototip (terutama yang berbasis papan tempat memotong roti) dan untuk bergerak maju ke produk sebenarnya adalah perangkat lunak open source Fritzing.

Seorang teknisi dapat membangun prototipe (dan membuat tambahan dan modifikasi) lebih cepat dengan teknik ini – namun, jauh lebih cepat dan biasanya lebih murah untuk memproduksi massal PCB kustom dari jenis lain ini prototipe papan. Ini untuk alasan yang sama bahwa menulis sebuah puisi yang tercepat dengan tangan untuk satu atau dua, tapi lebih cepat dengan mencetak tekan jika Anda membutuhkan beberapa ribu eksemplar.

Perkembangan cepat putar PCB perusahaan hebat dan cepat-rumah perakitan PCB gilirannya telah memungkinkan konsep prototyping cepat diterapkan pada desain sirkuit elektronik. Sekarang mungkin, bahkan dengan komponen pasif yang terkecil dan terbesar baik-pitch paket, untuk memiliki papan dan komponen fabbed berkumpul dalam hitungan hari.

Computer Programming / Computer Science
Bagian ini masih diperdebatkan akurasi faktual. Silakan lihat diskusi yang relevan pada halaman pembicaraan. (Mei 2008)
Artikel utama: Software prototyping

Dalam banyak bahasa pemrograman, fungsi prototipe adalah deklarasi subroutine atau fungsi. (Istilah ini agak C / C + +-spesifik; istilah lain untuk pengertian ini adalah tanda tangan, jenis dan antarmuka.) Dalam pemrograman berbasis prototipe (bentuk pemrograman berorientasi objek), baru objek kloning dihasilkan oleh benda-benda yang ada, yang disebut prototipe.

Istilah mungkin juga merujuk pada Prototype Javascript Framework.

Selain itu, istilah dapat mengacu kepada pola desain prototipe.

Lunak prototipe sering disebut sebagai nilai alpha, yang berarti itu adalah versi pertama untuk menjalankan. Sering hanya beberapa fungsi tersebut di implementasikan, fokus utama dari alfa adalah memiliki dasar fungsional kode pada fitur yang dapat ditambahkan. Setelah perangkat lunak kelas alfa memiliki sebagian besar fitur yang dibutuhkan terintegrasi ke dalamnya, menjadi perangkat lunak untuk pengujian beta dari seluruh perangkat lunak dan untuk menyesuaikan program untuk merespon dengan benar saat situasi tak terduga selama pengembangan.

Sering kali pengguna akhir mungkin tidak dapat menyediakan satu set lengkap tujuan aplikasi, rinci masukan, pengolahan, atau output persyaratan dalam tahap awal. Setelah pengguna evaluasi, prototipe lain akan dibangun berdasarkan masukan dari pengguna, dan sekali lagi siklus evaluasi kembali ke pelanggan. Siklus dimulai dengan mendengarkan pengguna, diikuti dengan membangun atau merevisi sebuah mock-up, dan membiarkan pengguna tes mock-up, lalu kembali. Sekarang ada generasi baru dari alat yang disebut Simulasi Aplikasi Software yang membantu dengan cepat mensimulasikan aplikasi sebelum pembangunan mereka.

Extreme pemrograman menggunakan desain iteratif untuk secara bertahap menambahkan satu fitur pada satu waktu untuk prototipe awal.

Pendekatan pembelajaran yang berkesinambungan di dalam organisasi atau bisnis juga dapat menggunakan konsep bisnis atau proses prototipe melalui model perangkat lunak.

Prototipe, Software Prototyping dan Alpha Software
Bagian ini nada atau gaya mungkin tidak cocok untuk Wikipedia. Keprihatinan spesifik dapat ditemukan di halaman pembicaraan. Lihat Wikipedia panduan untuk menulis artikel untuk saran yang lebih baik. (Maret 2009)
Bagian ini mungkin mengandung riset asli atau klaim belum diverifikasi. Harap memperbaiki artikel ini dengan menambahkan referensi. Lihat halaman pembicaraan untuk perincian. (Maret 2009)

Banyak yang berpendapat atas fakta bahwa prototipe perangkat lunak dan perangkat lunak alfa bukanlah hal yang sama, karena fakta bahwa mereka kurang lebih adalah hal yang sama. Satu-satunya perbedaan antara mereka yang secara umum perangkat lunak prototipe yang disebut sebagai perangkat lunak alpha karena kata dan makna dari kata prototipe ini pada umumnya digunakan ketika seseorang berbicara tentang showreel fisik, atau dalam beberapa kasus simulasi sedangkan biaya membuat skala penuh atau skala ukuran acak konsep yang pada awalnya diperkenalkan pada awal proyek.

Untuk lebih penjelasan lebih lanjut tentang masalah apa prototipe adalah kita bisa melihat pada perbandingan ini karena setiap proyek memiliki tahapan yang berbeda mengenai apa atau di mana mereka dalam pembangunan. (Menerima pertimbangan bahwa ini mungkin tidak akan 100% akurat)

Hardware Software Penjelasan
* Konsep * Konsep * Idea
* Bukti * Bukti Konsep Konsep * Kemungkinan cara untuk menunjukkan bahwa teori di balik konsep fungsional.
Bahkan tidak mungkin bekerja sama sekali, tetapi hanya menunjukkan apakah atau tidak mungkin untuk menciptakan.
* Prototype * Alpha * versi pertama produk dimaksudkan untuk showreels dan untuk tujuan pengujian ONLY.
Juga di sini mungkin tidak bekerja sebagai program atau unit, tetapi itu adalah untuk memberikan presentasi visual
dari produk yang mungkin nyata.
* Work In Progress Work In Progress * * Beberapa tahap-tahap perkembangan yang berbeda.
*??? * Beta * Sebagai for Beta, digunakan untuk perangkat lunak yang hampir selesai, tapi masih perlu beberapa perbaikan
dan sering dilakukan oleh umpan balik dari pilihan acak orang (atau Anda dapat mendaftar sebagai
beta tester), tetapi secara umum pengujian produk yang harus diperlakukan sebagai TIDAK DONE.
(tidak ada data mengenai istilah yang sama untuk Hardware)
*??? * Release Candidate * Lebih umum dikenal dari dan digunakan oleh Microsoft dalam pengembangan Sistem Operasi baru
(ex. Windows Longhorn, Vista, Blackcombe, Tujuh) untuk menunjukkan massa bahwa produk dalam
tahap terakhir sebelum dilepaskan sebagai “Finale Produk”. Diketahui telah beberapa RC’s.
(Lihat Windows ME dan perbandingan ke Windows Vista on belum selesai dan bergegas OS’s.)
* Final Produk * Final Produk * Produk yang telah diuji baik di dalam kelompok tes tertutup dan terbuka kelompok uji. Masih
mengandung beberapa masalah kecil, tapi secara umum hal tersebut merupakan suatu produk kerja yang akan bekerja sebagai
itu dibuat untuk, bagi mayoritas pengguna. Jika isu-isu secara bertahap menjadi semakin
masalah langkah-langkah seperti “patch” dan “perbaikan bug” diciptakan untuk produk-produk perangkat lunak, dan
“perbaikan”, “swap” dan / atau “mengingat dan kehancuran” perangkat keras digerakkan untuk menyelamatkan
reputasi perusahaan.

Tapi ingat bahwa baru, versi update produk juga dapat didistribusikan, ex. videogame akan mendapatkan perbaikan bug dan konten tambahan yang mungkin akan dikemas seperti baru, sama, tetapi “tetap” produk, di bawah nama yang sedikit berbeda seperti “Game of the Year” atau “Special Edition” (jangan dikelirukan dengan akhirnya “Special Edition” yang mungkin telah dilepaskan ketika pertandingan pertama kali diluncurkan, mengandung tambahan atau untuk barang dari permainan sebagai promosi), dan hardware mungkin akan diubah dan dirilis di bawah nama perusahaan yang memodifikasi itu. Adalah seperti Shelby Mustang, AMG adalah untuk Mercedes dan Top Secret adalah mobil-mobil lain.

Ini hanya cara yang lebih umum digunakan kata prototipe (seperti untuk tidak menjadi perangkat lunak), tetapi secara umum alfa dan prototipe adalah hal yang sama.

Skala model

Di bidang pemodelan skala (termasuk railroading model, model kendaraan, pesawat model, model militer, dll), prototipe adalah dunia nyata dasar atau sumber untuk model skala seperti nyata EMD GP38-2 lokomotif – yang merupakan prototipe dari Athearn’s (di antara produsen lain) lokomotif model. Secara teknis, setiap objek non-hidup dapat berfungsi sebagai prototipe untuk model, termasuk struktur, peralatan, dan peralatan, dan sebagainya, tetapi pada umumnya prototipe telah datang berarti ukuran penuh dunia nyata kendaraan termasuk mobil (1957 Chevy prototipe telah melahirkan banyak model), peralatan militer (seperti M4 Sherman, menjadi favorit di antara modelers Militer AS), peralatan kereta api, truk-truk, motor, pesawat, dan ruang-kapal (di dunia nyata seperti Apollo / Saturnus Vs, atau ISS) .

Ada perdebatan apakah ‘fiktif’ atau imajiner item dapat dianggap sebagai prototipe (seperti Star Wars atau Star Trek pesawat angkasa, karena kapal-kapal sendiri fitur model atau CGI-artefak), namun, manusia dan benda-benda hidup lainnya tidak pernah disebut prototipe, bahkan ketika mereka adalah dasar untuk model dan boneka (terutama – tindakan angka).

Pada tahun 2005, mesin prototipe cepat konvensional biaya sekitar £ 25.000. [1]

Metrologi

Dalam ilmu dan praktek metrologi, prototipe adalah objek buatan manusia yang digunakan sebagai standar pengukuran kuantitas fisik untuk mendasarkan semua pengukuran kuantitas fisik melawan. Kadang-kadang objek standar ini disebut artefak. Dalam Sistem Internasional Satuan (SI), satu-satunya yang tersisa pada saat prototipe digunakan adalah International Prototype Kilogram, yang solid silinder platinum-iridium yang disimpan di Bureau International des Poids et Mesures (Bureau International des Poids et Mesures) di Sèvres Perancis ( pinggiran Paris) yang menurut definisi adalah massa tepat satu kilogram. Salinan prototipe ini ketinggalan jaman dan dikeluarkan untuk banyak negara untuk mewakili standar nasional kilogram dan secara berkala dibandingkan dengan prototipe Paris.

Sampai tahun 1960, meteran ditentukan oleh platinum-iridium prototipe bar dengan dua tanda guratan di atasnya (yang ada, menurut definisi, terpisah oleh jarak satu meter), International Prototype Metre, dan pada tahun 1983 adalah ulang meter menjadi jarak di ruang tertutup oleh cahaya dalam 1 / 299, 792.458 detik (dengan demikian mendefinisikan kecepatan cahaya menjadi 299.792.458 meter per detik).

Dipercaya secara luas bahwa prototipe kilogram standar akan diganti dengan definisi kilogram yang akan menentukan konstanta fisika yang lain (kemungkinan besar konstanta Planck baik atau biaya dasar) untuk ditetapkan konstan, sehingga menghindarkan kebutuhan untuk prototipe dan menghapus kemungkinan dari prototipe (dan dengan demikian standar dan definisi kilogram) berubah sangat sedikit selama bertahun-tahun karena kerugian atau keuntungan dari atom.

Patologi

Dalam patologi, prototipe mengacu pada penyakit, virus, dll yang menetapkan contoh yang baik untuk seluruh kategori. Misalnya, virus vaccina dianggap sebagai prototipe virus poxviridae.

Keuntungan dan kerugian

Keuntungan dari prototipe

* Mei memberikan bukti konsep yang diperlukan untuk menarik dana
* Awal visibilitas prototipe pengguna memberikan gambaran tentang apa sistem akhir tampak seperti
* Mendorong partisipasi aktif di antara pengguna dan produsen
* Mengaktifkan output yang lebih tinggi untuk user
* Biaya efektif (biaya Pengembangan dikurangi)
* Meningkatkan kecepatan pengembangan sistem
* Membantu untuk mengidentifikasi masalah dengan manfaat desain sebelumnya, persyaratan kegiatan analisis dan coding
* Membantu memperbaiki potensi risiko yang terkait dengan pengiriman sistem yang dikembangkan
* Berbagai aspek dapat diuji dan lebih cepat dapat mendapatkan umpan balik dari pengguna
* Membantu untuk memberikan kualitas produk dengan mudah
* Pengguna interaksi tersedia dalam selama siklus pengembangan prototype

Kerugian prototipe

* Produser bisa menghasilkan sistem yang tidak memadai untuk kebutuhan organisasi secara keseluruhan
* Pengguna dapat terlalu terlibat sedangkan program tidak dapat ke standar yang tinggi
* Struktur sistem dapat rusak karena banyak perubahan yang dapat dibuat
* Produser mungkin terlalu melekat padanya (mungkin menyebabkan keterlibatan hukum) [verifikasi diperlukan]
* Tidak cocok untuk aplikasi besar

No comments yet»

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: